Cara Cepat dan Tepat Mengurus Surat Tanah yang Hilang


Ketika surat tanah hilang, tentunya siapa saja akan bingung. Mengingat surat tanah adalah dokumen bukti kepemilikan atas tanah. Sehingga, harus selalu ada di tangan pemilik tanah. Tanpa adanya surat, bisa-bisa tanah anda diambil alih orang lain. Oleh karena itu, anda harus menyimpan surat tersebut baik-baik dan jangan sampai diambil orang lain tanpa sepengetahuan anda, apalagi sampai hilang.

Namun, bagaimana jika surat hilang? Jika itu terjadi, anda harus segera mengurus-nya untuk mendapatkan surat tanah yang baru. Menurut Peraturan Pemerintah Pasal 57 No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran tanah menyebutkan bahwa atas permohonan pemegang tanah, bisa diterbitkan sertifikat baru sebagai pengganti yang hilang.

Cara Cepat dan Tepat Mengurus Surat Tanah yang Hilang

Inilah Cara Tepat Mengurus Surat Tanah yang Hilang


Ada beberapa tata cara yang harus anda lakukan untuk mengurus surat yang hilang, inilah caranya:

1. Minta surat pengantar ke RT/RW

Langkah pertama dalam mengurus surat yang hilang adalah meminta surat pengantar dari RT atau RW. Minta surat yang menyatakan jika anda kehilangan surat atau sertifikat tanah. Kemudian, surat kehilangan ini dibawa ke pihak kepolisian setempat seperti Polsek atau Polres.

2. Lapor ke pihak kepolisian

Selanjutnya, bawa surat pengantar itu ke kantor polisi dengan melaporkan bawah anda kehilangan sertifikat tanah. Lalu, pihak polisi akan membuatkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) atau surat keterangan hilang. BAP ini merupakan persyaratan wajib untuk membuat laporan kehilangan ke BPN (Badan Pertanahan Nasional).

3. Jika BAP lama keluar, maka blokir dulu sertifikat tanah

Terkadang BAP lama dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Daripada, anda khawatir sertifikat tanah digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tanpa sepengetahuan anda, lebih baik blokir sertifikat itu. Cara mengajukan pemblokiran sertifikat tanah ini melalui BPN. Datanglah ke kantor BPN dengan membawa identitas diri dan fotokopi sertifikat tanah jika ada.

4. Urus penggantian sertifikat tanah ke kantor BPN

Kalau BAP sudah keluar, selanjutnya bawa ke kantor BPN setempat dan ajukanlah permohonan penggantian surat. Pertama-tama, anda akan diminta mengisi formulir permohonan penggantian sertifikat dan menandatangani formulir diatas materai. Lengkapi berkas-berkas permohonan yakni KTP asli dan fotokopi, KK asli dan fotokopi, fotokopi sertifikat jika ada, fotokopi bukti pelunasan PBB dan surat BAP.

Setelah berkas-berkas lengkap, pihak BPN akan memeriksa keabsahan dokumen dengan mengecek berkas-berkas anda tadi. Maka, anda wajib melampirkan berkas-berkas yang asli.

5. Pengambilan sumpah

Anda akan diminta mengambil sumpah pemilik sertifikat di depan Kepala Kantor Pertanahan dan tokoh agama sesuai agama anda. Kemudian, anda akan dibuatkan berita acara sumpah.

6. Pengumuman di media cetak

Jika berita acara sumpah sudah jadi, BPN akan mengumumkannya di media cetak dengan biaya dari anda sebagai pemohon. Biaya tersebut kurang lebih Rp 850 ribu, dimana cara itu untuk mengetahui apakah ada yang keberatan dengan proses penggantian surat anda atau tidak. Namun, cara itu sekarang sudah tidak digunakan lagi karena sudah ada situs resmi BPN dan masyarakat sekarang bisa mencari pengumuman itu disana.

7. Penerbitan surat pengganti

Jika dalam kurun waktu 30 hari sejak pengumuman kehilangan diterbitkan dan tidak ada pihak yang keberatan karena itu, maka BPN akan menerbitkan surat pengganti. Biaya penerbitan ini sekitar Rp 350 ribu. Jadi, kalau ditotal mungkin anda membutuhkan dana sekitar Rp 1200 ribu dan bisa tergantung daerah masing-masing.

Itu tadi cara cepat dan tepat untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang yang dirangkum dari https://artikel.rumah123.com/ . Sekarang, anda sudah tahukan cara mengurus surat tanah yang hilang. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat baru 2-3 bulan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat dan Tepat Mengurus Surat Tanah yang Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel